Senin, 31 Agustus 2009

ELEVATOR




A. Pengertian Simulasi Elevator Tiga Lantai
Simulasi Elevator Tiga Lantai merupakan salah satu bentuk sarana untuk mensimulasikan prinsip kerja Elevator Tiga Lantai. Dimana pengertian Elevator disini adalah merupakan transportasi atau pesawat pengangkat yang mempunyai gerakan untuk menaikan atau menurunkan beban yang berupa barang atau orang dari satu lantai ke lantai lainnya.

B. Data Teknis Simulasi Elevator Tiga Lantai
Simulasi Elevator Tiga Lantai memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1. Mempunyai tiga laintai yang masing-masing mempunyai tiga tombol panggil dan tiga tombol tujuan, tiga switch level dengan Seven Segment sebagai indikator penujuk Car berada pada lantai.
2. Untuk menggerakan Car keatas dan kebawah menggunakan motor satu (M1) DC (12V/1A), dimana jika Car bergerak keatas motor satu (M1) berputar kekanan begitu juga sebaliknya jika Car bergerak kebawah motor satu (M1) berputar kekiri.
3. Untuk menggerakan meknik, pada gerakan pitu menggunakan motor dua (M2) DC (12V/1A), pada gerakan pintu motor berputar kanan dan kiri, dimana jika pintu terbuka motor dua (M2) berputar kekanan begitu juga sebaliknya jika pitu tertutup motor dua (M2) berputar kekiri.
4. Simulasi Elevator Tiga Lantai juga delengkapi dengan rangkaian pengaturan putaran motor satu (M1) dan motor dua (M2) sehingga kecepatannya dapat diatur.

C. Deskripsi Kerja Bagian Kendali Simulasi Elevator Tiga Lantai
Simulasi Elevator Tiga Lantai hanya melayani satu panggilan jika kita (user) memberikan instruksi kepadanya. Pertama-tama motor satu (M1) putar kekiri apabila posisi Car berada pada lantai dua atau lantai tiga, mikrokontroler PIC16F84A akan mengecek switch level satu, saat switch level satu ditekan motor putar kekiri berhenti dan Seven Segment indikator lantai menunjukan posisi Car berada pada lantai satu. Saat Car berada pada lantai satu mikrokontroler PIC16F84A akan mengecek tombol panggil satu, dua dan tiga Bila tombl panggil satu ditekan motor dua (M2) putar kanan atau pintu terbuka, setelah itu mikrokontroler PIC16F84A akan mengecek tombol tujuan dua atau tiga. Bila tombol tujuan dua ditekan motor dua (M2) pintu tertutup dan motor satu (M1) putar kanan sampai menekan switch level dua motor satu (M1) putar kanan berhenti Seven Segment indikator lantai menujukan posisi Car berada pada lantai dua motor dua (M2) berputar kekiri atau pintu tertutup. Begitu seterusnya sesuai dengan tombol panggil yang kita tekan.
Apabila dua panggilan secara bersamaan ditekan, mikrokontroler PIC16F84A akan menjalankan program panggilan pertama saja. Bila tombol reset ditekan, maka mikrokontroler PIC16F84A akan menjalankan bagian awal dari program.

Tidak ada komentar: